pak fadli 11

APLIKASI FFT PADA IMAGE PROCESSING
Image processing merupakan fungsi spasial yang bisa dikonversi menjadi domain frequensi.  Untuk citra dua dimensi, citra memiliki informasi spasial (dua dimensi) yang terkandung di dalam setiap elemen pikselnya. Dalam tahap perkembangannya, FFT memiliki teknik algortima yang bervariasi. Terima kasih pada Image-J, terkait dengan artikel saya sebelumnya, fungsi FFT sudah tersedia sebagai fungsi bawaan. Pada artikel ini saya akan menjelaskan aplikasi penggunaan FFT pada pengolahan citra, secara spesifik untuk teknik filtering dengan menggunakan aplikasi Image-J.

Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi FFT pada image processing:


Gambar di atas menunjukkan sebuah citra yang memiliki struktur periodic yang unik. Dalam contoh kasus ini, kita ingin menghilangkan background dari citra ini dengan menggunakan operasi FFT. Untuk itu kita akan menggunakan fungsi FFT dari Image-J yang sudah tersedia. Untuk melakukan Fourier transformation dengan menggunakan Image-J, kita harus menggubah citra ke dalam bentuk format 8-bit grayscale:


Kemudian dengan memilih opsi FFT pada aplikasi Image-J akan dihasilkan:


Sinyal yang terletak ditengah adalah sinyal low frequency atau sinyal dari background yang ingin kita eliminasi. Cara untuk mengeliminasi frekuensi rendah ini adalah dengan memblok area dari hasil transformasi fourier citra seperti tergambar pada gambar berikut:


Arti dari pemblokan low frequency ini adalah mengalikan semua nilai piksel frekuensi rendah dengan piksel hitam yang bernilai keabuan 0. Dengan melakukan ini, kita sudah mengaplikasikan high pass filter pada citra kita. Untuk melihat hasil dari high pass filter ini, kita harus melakukan operasi inverse FFT. Hasil dari inverse FFT bisa kita lihat pada gambar berikut:

Dengan melakukan inverse FFT, maka filtering berbasis frekuensi, dalam contoh kasus ini high pass filter telah berhasil dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengatur RPM Motor Encoder/Rotary Encoder dan Sensor Suhu LM35 Berbasis Arduino

menghitung konvolusi sirkular

Jelaskan hal-hal yang berkaitan dengan jenis-jenis sambungan trafo 3 fasa